Jumat, 20 Maret 2015

Salmon Bergigi Pedang ~ Oncorhynchus rastrosus
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii (ikan bersirip kipas)
Ordo: Salmoniformes (salmon dan kerabatnya)
Famili: Salmonidae
Genus: Oncorhynchus
Spesies: O. rastrosus
Sinonim:
- Smilodonichthys rastrosus
Masa hidup: Kala Miosen-Pleistosen (sekitar 11 juta - 800.000 tahun lalu)
Lokasi: Amerika Utara
Ukuran: 2,7 m (panjang)
Oncorhynchus rastrosus, atau lebih dikenal dengan julukan salmon bergigi pedang, adalah satu spesies ikan salmon purba yang hidup di sepanjang lautan Pasifik di wilayah Amerika Utara.
Ikan ini diperkirakan pertama muncul pada Kala Miosen akhir (11,6 juta tahun lalu) di wilayah California, dan mengalami kepunahan di suatu waktu di Kala Pleistosen.
O. rastrosus adalah spesies terbesar yang pernah hidup dari genus salmon Pasifik (Oncorhynchus). Selain itu, seperti julukan dan sinonimnya (Smilodonichthys = "ikan bergigi pedang"), mereka memiliki sepasang "taring" kecil yang tumbuh dari ujung moncongnya.
Satu ciri unik lain dari O. rastrosus adalah ikan dewasa memiliki sisir insang yang lebih besar dari salmon modern. Hal ini membuat para ilmuwan berspekulasi bahwa salmon bergigi pedang dewasa merupakan pemakan plankton.
Selama masa hidupnya, salmon bergigi pedang hidup berdampingan dengan beragam jenis megafauna laut lain. Pada awal kemunculannya (Miosen-Pliosen), lautan dipenuhi oleh banyak jenis predator laut raksasa seperti paus sperma (Livyatan, Acrophyseter), ikan hiu raksasa (Megalodon, Otodus), serta singa laut dan walrus purba (Pelagiarctos, Pontolis, Allodesmus, Eotaria).
Pada Kala Pleistosen, sebagian besar predator raksasa tersebut mengalami kepunahan, termasuk si salmon bergigi pedang, kemungkinan diakibatkan oleh pendinginan global di seluruh samudra pada waktu itu, yang juga merupakan awal dimulainya Zaman Es.
Lautan Zaman Es telah dihuni oleh predator laut yang lebih modern seperti orca (Orcinus orca), walrus (Odobenus rosmarus), hiu putih (Carcharodon carcharias), dan paus sperma (Physeter macrocephalus).
---
What do you think?
Sumber :
https://www.facebook.com/infohewanprasejarah?fref=ts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar