Senin, 23 Maret 2015

Mawsonia
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sarcopterygii ~ ikan bersirip cuping
Ordo: Coelacanthiformes
Famili: Mawsoniidae
Genus: Mawsonia (Woodward, 1907)
Spesies:
- M. brasiliensis (Yabumoto, 2002)
- M. gigas (Woodward, 1907)
- M. lavocati (Tabaste, 1963)
- M. libyca (Weiler, 1935)
- M. tegamensis (Wenz, 1975)
- M. ubangiana (Casier, 1961)
Masa hidup: Periode Kapur (Kala Albian, 112-99 juta tahun lalu)
Lokasi: Afrika dan Amerika Selatan
Ukuran: 4-6 m (panjang)
Arti nama: "Milik J. Mawson"
Mawsonia adalah sejenis ikan raja laut/coelacanth purba yang hidup pada akhir Periode Kapur, sekitar 112 hingga 99 juta tahun yang lalu.
Fosil-fosilnya telah banyak ditemukan di berbagai daerah di Afrika Utara dan Amerika Selatan, terutama di Maroko, Algeria, dan Brasil.
Tak seperti coelacanth masa kini yang hidup di dasar samudra, Mawsonia hidup di sungai yang luas dan besar. Disamping itu, Mawsonia mampu mencapai panjang lebih dari 4 meter, setar dengan seekor gajah Afrika dewasa! Ini membuatnya menjadi jenis coelacanth terbesar yang pernah hidup.
Mawsonia hidup di zaman yang sama dengan dua jenis dinosaurus theropoda raksasa pemakan ikan, yakni Spinosaurus (Afrika Utara) dan Oxalaia (Amerika Selatan), dan mungkin sekali ia termasuk dalam daftar makanan favorit mereka.
Selain itu, masih banyak hewan besar lain yang hidup berdampingan dengan Mawsonia. Di Afrika Utara, coelacanth raksasa ini berbagi habitat dengan beberapa jenis ikan raksasa seperti Onchopristis (ikan gergaji, 7 m), Bawitius (palmas, 3-4 m), Atractosteus africanus (ikan aligator, 3 m), Retodus tuberculatus (ikan paru, 2-3 m). Ada juga beberapa reptilia seperti buaya (Stomatosuchus, Laganosuchus, Aegyptosuchus), kura-kura (Apertotemporalis), pliosauria berleher pendek (Leptocleidus), pterosauria (Alanqa, Siroccopteryx), dan tentu saja dinosaurus (Spinosaurus, Rugops, Carcharodontosaurus).
Sedangkan di Amerika Selatan, Mawsonia hidup di tempat yang sama dengan ikan gergaji (Atlanticopristis), ikan paru (Equinoxiodus), dan hiu (Cretolamna). Ada juga pterosauria (Coloborhynchus, Pterodaustro) dan dinosaurus (Oxalaia).
Sumber
https://www.facebook.com/infohewanprasejarah?ref=ts&fref=ts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar