Senin, 23 Maret 2015

Ceratopsian bertanduk? Ah biasa pacman emotikon
Ceratopsian hidup didarat? Ah biasa pacman emotikon
Nih, kali ini mimin mau bahas salah satu ceratopsian unik ! yaitu ceratopsian semi-akuatik,
seperti apa? pacman emotikon langsung aja cekidotttt.. Semoga bermanfaat! like emotikon
----
Koreaceratops
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Klad: Dinosauria
Ordo: Ornithischia
Genus: Koreaceratops
(Lee dkk, 2011)
Spesies: Koreaceratops hwaseongensis
(Lee dkk, 2011)
Masa Hidup: Tahap Albian dari Periode Kapur Awal (103 juta tahun yang lalu)
Arti Nama: "Wajah Bertanduk dari Korea"
Ukuran: Belum diketahui (tapi berdasarkan penelitian terbaru diyakini panjangnya mencapai 1 meter)
Lokasi: Korea Utara
Koreaceratops adalah genus dinosaurus ceratopsian primitif yang telah punah, yang hidup sekitar 103 juta tahun yang lalu dikorea utara.
Koreaceratops pertama kali ditemukan dan dideskripsikan oleh Yuong-Nam Lee dan tim nya pada tahun 2011. Nama genusnya merupakan kombinasi dari kata "Korea" (negara dimana ceratopsian ini ditemukan) dan dari bahasa yunani "κερας/(keras)" yang berarti 'tanduk' dan "οψις/(opsis)" yang berarti 'wajah'. Dan nama spesies "hwaseongensis", diberikan berdasarkan daerah dimana fosil tersebut ditemukan, yaitu di Hwaseong City.
Fosil pertamanya ditemukan dalam keadaan tidak lengkap, maka pada saat itu sulit untuk dideskripsikan, fosilnya ditemukan di bukit pasir dikota Hwaseong (dan juga nama tempat tersebut diberikan untuk nama spesies dari koreaceratops ini). Fosilnya diberi kode KIGAM VP 200801, yang berupa 36 potongan tulang ekor dan tulang ischia (tulang kemaluan).
Karena fosilnya kurang lengkap, maka sulit untuk menentukan berapa ukuran panjang dari ceratopsian unik yang satu ini, namun setelah penelitan bertahun tahun dan penemuan fosil yang cukup lengkap ditahun berikutnya, maka para peneliti meyakini kalau koreaceratops memiliki panjang sekitar 1 meter, dan mungkin bisa tumbuh lebih besar lagi.
Dan karna itu juga pada awalnya fosil tersebut sulit diidentifikasi, hewan apa dan dari famili apakah hewan tersebut, dan itu juga terjawab berdasarkan penelitian dan fosil fosil yang berkaitan.
Ada yang unik dari ceratopsian ini, yaitu diyakini kalau ia adalah satu satunya ceratopsian semi-akuatik, yaitu bisa beradaptasi dilingkungan air namun dia juga harus tetap kedaratan.
Dan ia juga memiliki ekor yang unik dan berbeda dari ceratopsian kebanyakan, yaitu adanya perpanjangan duri saraf pada tulang ekor yang memberikan efek bentuk ekor yang lebar dan pipih mirip dayung, dan lee (si penemu) meyakini kalau ekor tersebut digunakannya untuk berenang, mencari makan berupa tanaman air atau menyebrangi sungai untuk berpindah tempat.
---
What do you think?
Sumber
https://www.facebook.com/infohewanprasejarah?ref=ts&fref=ts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar